Pengembangan Media Pembelajaran Google Sites pada Mata Pelajaran PAI Berorientasi Kurikulum Merdeka Siswa Kelas VII
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i9.9222Abstract
Implementasi Kurikulum Merdeka menuntut pembelajaran berpusat di peserta didik, kontekstual, serta memanfaatkan teknologi secara optimal. Salah satu bentuk inovasi dalam menjawab tantangan tersebut yaitu pengembangan media pembelajaran digital interaktif serta mudah untuk diakses, seperti Google Sites. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan media pembelajaran berbasis Google Sites untuk pelajaran PAI kelas VII, mengukur kelayakannya, serta mengetahui efektivitas penggunaannya dalam proses pembelajaran, melalui metode Research and Development (R&D) model pengembangan 4D (Define, Design, Development, dan Dissemination). Data dikumpulkan dari validasi ahli materi dan media, angket respon dari guru beserta siswa, serta hasil tes pretest dan posttest siwa kelas VII-4 dan VII-7 SMPN 2 Palangka Raya. Temuan penelitian memperlihatkan bahwasannya teks, video, dan kuis interaktif disertakan dalam madia pembelajaran yang dikembangkan. Penilaian kelayakan memperlihatkan kategori sangat layak, melalui presentase ahli materi 95,56%, ahli media 96,25%, respon guru 89,57%, serta respon siswa 86%. Efektivitas media terbukti melalui peningkatan rata-rata pretes ke posttest yaitu dari 44,80 ke 91,20 dengan nilai N-Gain di kategori (efektif) =0,84. Sehingga, media Google Sites dianggap layak serta efektif dalam membantu implementasi Kurikulum Merdeka di Pelajaran PAI kelas VII.