Pengembangan E-Book Mata Pelajaran Home Appliance untuk Siswa Kelas XI TITL SMK Negeri 1 Kediri

Authors

  • Indra Febryan Marza Nugraha Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Yulia Fransisca Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Tri Rijanto Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • L. Endah Cahya Ningrum Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i10.9040

Abstract

Perkembangan pesat teknologi informasi dan komunikasi telah membawa dampak signifikan di berbagai bidang, termasuk pendidikan. Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan, khususnya melalui pengembangan media dan sumber belajar yang inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran digital berupa e-book pada mata pelajaran Home Appliance bagi siswa kelas XI TITL di SMK Negeri 1 Kediri, serta mengukur efektivitas, kepraktisan, dan kelayakan media tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian adalah siswa kelas XI TITL 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan e-book mampu meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan, dengan rata-rata peningkatan sebesar 78%. Kelayakan media berdasarkan hasil uji dari validator memperoleh skor 86,3% yang dikategorikan sangat layak, sedangkan validasi oleh ahli mendapatkan nilai 81,6% dan termasuk dalam kategori sangat valid. Temuan ini menunjukkan bahwa e-book sebagai media pembelajaran pada materi Home Appliance efektif dalam menunjang proses pembelajaran.

Published

2025-10-03

How to Cite

Nugraha, I. F. M. ., Fransisca, Y. ., Rijanto, T. ., & Ningrum, L. E. C. . (2025). Pengembangan E-Book Mata Pelajaran Home Appliance untuk Siswa Kelas XI TITL SMK Negeri 1 Kediri. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(10), 11356-11361. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i10.9040