Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i8.8841Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Ekonomi siswa SMAN 15 Pekanbaru. Oleh karena itu, penelitian ini berfokus pada Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching. Penelitian eksperimen ini menggunakan kelas XI.C SMAN 15 Pekanbaru sebagai sampel. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar berupa 20 soal pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh signifikan penerapan model Reciprocal Teaching terhadap hasil belajar Ekonomi. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji hipotesis yang memperoleh nilai signifikansi 0,00 (taraf signifikansi 0,05). Selain itu, peningkatan juga terlihat dari perbandingan nilai pre-test dan post-test, di mana rata-rata nilai post-test siswa mencapai 85. Temuan ini mengindikasikan bahwa model pembelajaran Reciprocal Teaching efektif dalam meningkatkan hasil belajar Ekonomi siswa.