Pengembangan E-Book Interaktif Berbasis Book Creator pada Elemen Perpajakan Materi PPh Pasal 21 di SMK Negeri 4 Surabaya

Authors

  • Mariam Intan Ameriani Quintantina Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Suci Rohayati Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i8.8787

Abstract

Perkembangan teknologi menuntut adanya integrasi teknologi dalam proses pembelajaran, sehingga sumber belajar pun harus terus berkembang dan berinovasi demi mencapai tujuan pembelajaran. Akan tetapi, keadaan saat ini menunjukkan bahwa terdapat bahan ajar yang masih belum mengikuti perkembangan terbaru di bidang perpajakan, serta terbatasnya bahan ajar yang akan menghambat pemahaman peserta didik terhadap materi perpajakan, termasuk kesulitan dalam mengikuti perubahan terbaru terkait tarif perpajakan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menghasilkan produk berupa E-Book interaktif berbasis book creator pada elemen perpajakan materi PPh Pasal 21 di SMK Negeri 4 Surabaya. Penelitian ini termasuk jenis Research and Development (R&D) dengan pendekatan model 4-D yang meliputi empat tahapan, yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate), namun hanya dilakukan sampai pada tahap develop. Hasil kelayakan e-book interaktif berbasis book creator menunjukkan nilai rata-rata secara keseluruhan sebesar 90,28% dengan interpretasi “Sangat Layak”, mencakup aspek kelayakan isi sebesar 88,12%, aspek penyajian sebesar 87,61%, aspek kebahasaan sebesar 94,28%, dan aspek kegrafisan sebesar 91,11%. Respon dari peserta didik juga menunjukkan interpretasi “Sangat Memahami” dengan rata-rata presentase sebesar 98,6%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa E-book berbasis book creator pada Elemen Perpajakan Materi PPh Pasal 21 “Sangat Layak” digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Published

2025-08-01

How to Cite

Quintantina, M. I. A. ., & Rohayati, S. . (2025). Pengembangan E-Book Interaktif Berbasis Book Creator pada Elemen Perpajakan Materi PPh Pasal 21 di SMK Negeri 4 Surabaya. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(8), 8843-8852. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i8.8787