Faktor Penentu Keberhasilan Belajar Komputer Akuntansi
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i8.8777Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh pemahaman dasar akuntansi siswa dan kemampuan mereka mengoperasikan perangkat lunak akuntansi terhadap hasil belajar mereka dalam mata pelajaran komputer akuntansi berbasis MYOB. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua variabel—pemahaman dasar akuntansi (X?) dan kemampuan mengoperasikan perangkat lunak akuntansi (X?)—memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap hasil belajar. Uji-t menunjukkan bahwa pemahaman dasar akuntansi memiliki pengaruh signifikan (t=4.012;sig.=0.000), begitu juga dengan kemampuan mengoperasikan perangkat lunak akuntansi (t=3.226;sig.=0.002). Secara simultan, kedua variabel tersebut berkontribusi sebesar 49.1% terhadap variasi hasil belajar (F=24.646;sig.=0.000). Mayoritas siswa (74.07%) menunjukkan tingkat pemahaman akuntansi yang baik, sedangkan 90.75% sangat mahir dalam mengoperasikan MYOB. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya pemahaman teoritis dan keterampilan teknis dalam mencapai hasil belajar yang optimal dalam akuntansi berbasis komputer.