Efektivitas Program Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Literasi Siswa
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i8.8751Abstract
Tujuan penelitian ini ialah mengetahui efektivitas program kampus mengajar dalam meningkatkan kemampuan literasi siswa di SMK Cersa Pasaman. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Cersa Pasaman dan peserta test AKM literasi program kampus mengajar 7 yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sensus. Data yang digunakan dalam penelitian ini ialah data sekunder yang bersumber dari dokumen daftar hasil test AKM kegiatan kampus mengajar di SMK Cersa Pasaman. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji N-Gain. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, pelaksanaan program kampus mengajar di SMK Cersa Pasaman cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi membaca. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan rata-rata test AKM literasi membaca siswa. Sementara itu untuk literasi numerasi, pelaksanaan program kampus mengajar di SMK Cersa Pasaman berada pada kategori kurang efektif.