Membangun Ketahanan Moral di Era Digital: Peran Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi

Authors

  • Annisa Aulia Evinda Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
  • Ummi ‘Azizatus Sa’idah Intansari Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
  • Mohammad Asrori Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i8.8727

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi digital membawa perubahan yang sangat besar dalam berbagai aspek bidang kehidupan, termasuk pembentukan moral generasi muda. Era digital membawa berbagai tantangan moral yang kompleks, termasuk penyebaran informasi hoaks, pornografi, dan tindak perundungan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis peran pendidikan agama Islam dalam membangun ketahanan moral mahasiswa di perguruan tinggi sebagai salah satu upaya dalam mengatasi tantangan tersebut. Dalam kegiatan penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi pusatka (library reaserch), untuk menganalisis informasi dari berbagai sumber literatur yang relevan guna memahami secara mendalam fenomena yang diteliti. Penelitian ini menemukan bahwa pendidikan agama Islam mempunyai potensi besar dalam membentuk karakter dan nilai moral mahasiswa di perguruan tinggi. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam dan penguatan karakter mahasiswa di era digital.

Published

2025-08-01

How to Cite

Evinda, A. A. ., Intansari, U. ‘Azizatus S. ., & Asrori, M. . (2025). Membangun Ketahanan Moral di Era Digital: Peran Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(8), 8825-8833. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i8.8727