Pengembangan Media E-Modul Berbasis Flipbook untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Kelas IV SD
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i8.8725Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran e-modul interaktif berbasis flipbook. Selain itu juga untuk mengetahui kelayakan serta keefektifan e-modul berbasis flipbook pada muatan Pelajaran IPAS bagi siswa kelas IV SD. Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Dari hasil validasi menunjukkan media pembelajaran e-modul berbasis flipbook yang dikembangkan memperoleh kriteria yang sangat layak. Uji t pada kelompok skala kecil menghasilkan sig. (2-tailed) sebesar 0,022 < 0,05 dengan kesimpulan H0 ditolak dan Ha diterima. Uji t pada kelompok skala besar menghasilkan sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 dengan kesimpulan H0 ditolak dan Ha diterima yaitu terdapat perbedaan yang signifikan. Dari hasil uji N-gain kelompok skala kecil mendapatkan skor 0,62 dan pada skala besar mendapatkan skor 0,59 yang keduanya memperoleh kriteria sedang. Dengan demikian, e-modul berbasis flipbook ini dinyatakan layak, valid dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar pada muatan pelajaran IPAS kelas IV terkhusus pada materi Kekayaan Budaya Indonesia.