Pengaruh Media Pembelajaran Mentimeter terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Informatika Kelas X TSM di Sekolah Menengah Kejuruan
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i8.8704Abstract
Kemajuan teknologi informasi telah membawa dampak signifikan dalam dunia pendidikan, termasuk dalam penyampaian materi pelajaran yang lebih menarik dan interaktif. Salah satu platform yang dapat dimanfaatkan adalah Mentimeter, yaitu aplikasi presentasi interaktif yang memungkinkan guru dan siswa berinteraksi secara langsung selama proses pembelajaran. Berdasarkan observasi yang dilakukan oleh peneliti di SMK Riyadhul Ulum, ditemukan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran Informatika masih belum optimal. Data menunjukkan bahwa sekitar 60% lebih siswa kelas X TSM masih memperoleh nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran Mentimeter terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Informatika di SMK Riyadhul Ulum. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan one group pretest-posttest design, serta angket sebagai instrumen tambahan. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TSM sebanyak 30 orang yang dipilih menggunakan teknik total sampling. Tahapan penelitian meliputi observasi awal, pengumpulan data, analisis data, dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis data menggunakan uji Wilcoxon menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan antara nilai pretest dan posttest, dengan nilai signifikansi sebesar 0.000 < 0.05. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran Mentimeter memberikan dampak positif terhadap hasil belajar siswa. Dengan demikian, Mentimeter dapat menjadi alternatif media pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa serta menciptakan suasana belajar yang lebih aktif dan menyenangkan.