Validitas Media Pembelajaran PowerPoint Interaktif Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Materi Peluang SMP
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8468Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Media Pembelajaran PowerPoint Interaktif berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi Peluang untuk siswa SMP yang valid. Penelitian pengembangan ini menggunakan model Four-D yang terdiri dari tiga tahap, yaitu: a) pendefinisian (define), b) perancangan (design) c) pengembangan (develop) dan d) penyebaran (desseminate). Namun dalam penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan (develop) dengan uji validitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Validitas media diperoleh dari penilaian ahli materi dengan skor rata-rata 4,6 dan ahli media dengan skor rata-rata 4,51, keduanya termasuk dalam kategori sangat baik. Dengan demikian, media pembelajaran ini layak digunakan dalam proses pembelajaran matematika di SMP.