Validitas Media Pembelajaran PowerPoint Interaktif Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Materi Peluang SMP

Authors

  • Rika Yuli Susanto Universitas PGRI Ronggolawe Tuban, Indonesia
  • Puji Rahayu Universitas PGRI Ronggolawe Tuban, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8468

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Media Pembelajaran PowerPoint Interaktif berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi Peluang untuk siswa SMP yang valid.  Penelitian pengembangan ini menggunakan model Four-D yang terdiri dari tiga tahap, yaitu: a) pendefinisian (define), b) perancangan (design) c) pengembangan (develop) dan d) penyebaran (desseminate). Namun dalam penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan (develop) dengan uji validitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Validitas media diperoleh dari penilaian ahli materi dengan skor rata-rata 4,6 dan ahli media dengan skor rata-rata 4,51, keduanya termasuk dalam kategori sangat baik. Dengan demikian, media pembelajaran ini layak digunakan dalam proses pembelajaran matematika di SMP.

Published

2025-07-20

How to Cite

Susanto, R. Y. ., & Rahayu, P. . (2025). Validitas Media Pembelajaran PowerPoint Interaktif Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Materi Peluang SMP. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(7), 8734-8743. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8468