Pengembangan E-Modul dengan Pendekatan Inkuiri Berbasis Virtual Reality Tour terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis

Authors

  • Safira Eka Indrayani Universitas Muhammadiyah Semarang, Indonesia
  • Dwi Sulistyaningsih Universitas Muhammadiyah Semarang, Indonesia
  • Abdul Aziz Universitas Muhammadiyah Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8225

Abstract

Kemajuan teknologi digital membuka peluang besar bagi transformasi pendidikan, terutama dalam pembelajaran matematika yang kerap dianggap abstrak dan menantang. Penelitian ini bertujuan mengembangkan e-modul berbasis Virtual Reality (VR) Tour dengan pendekatan inkuiri untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam memahami konsep bangun ruang. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang dibatasi sampai tahap development. Tahapan meliputi analisis kebutuhan siswa dan guru, analisis materi, serta analisis kurikulum. Desain media disusun dalam format inkuiri yang mencakup orientasi masalah, eksplorasi, eksperimen virtual, hingga refleksi. Produk awal kemudian dikembangkan dalam bentuk e-modul interaktif berbasis VR Tour dan divalidasi oleh ahli. Hasil validasi menunjukkan bahwa e-modul dinilai “sangat valid” dengan skor rata-rata 3,75 untuk aspek rekayasa media dan komunikasi visual dari ahli media, serta 3,8 untuk aspek materi dan latihan soal dari ahli materi. Temuan ini memperlihatkan bahwa media yang dikembangkan memiliki potensi kuat guna dukung pemahaman konsep geometri ruang melalui pengalaman belajar yang imersif dan interaktif. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan lebih lanjut serta uji efektivitas di kelas sebagai langkah lanjutan.

Published

2025-06-09

How to Cite

Indrayani, S. E. ., Sulistyaningsih, D. ., & Aziz, A. . (2025). Pengembangan E-Modul dengan Pendekatan Inkuiri Berbasis Virtual Reality Tour terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(6), 6458-6464. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8225