Efektivitas Model Pembelajaran Examples Non Examples Berbantuan Media Visual dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Peserta Didik Kelas XI-4 di SMA Negeri 1 Arjasa
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8145Abstract
Keterampilan menulis puisi merupakan bagian penting dalam pembelajaran sastra yang dapat mengembangkan imajinasi, ekspresi, dan kecerdasan emosional peserta didik. Namun, pada kenyataannya, banyak peserta didik kesulitan dalam menulis puisi karena menganggap materi tersebut abstrak dan membingungkan. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi peserta didik kelas XI-4 SMA Negeri Arjasa melalui pengaplikasian model pembelajaran Example Non Example. Penelitian ini merupakan tergolong sebagai Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, tes unjuk kerja menulis puisi, dan dokumentasi. Temuan pada ini menunjukkan bahwa penggunaan contoh konkret dan pendekatan visual mampu meningkatkan pemahaman dan kreativitas peserta didik dalam menulis puisi. Penelitian ini memberikan kontribusi praktis bagi guru Bahasa Indonesia dalam mengembangkan model pembelajaran sastra yang lebih efektif dan menarik. Disarankan agar penelitian lanjutan mengkaji efektivitas model ini pada jenjang atau materi sastra yang berbeda.