Penerapan Pendekatan STEM pada Pembelajaran IPAS untuk Meningkatkan Literasi dan Numerasi Materi Siklus Hidup Makhluk Hidup dan Upaya Pelestariannya Siswa Kelas III Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7400Abstract
Pelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya kemampuan literasi dan numerasi siswa pada pembelajaran IPAS. Kemampuan literasi dan numerasi merupakan dasar utama keberhasilan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa kelas III SDN Bantal pada pembelajaran IPAS sebelum dan sesudah menerapkan pendekatan STEM. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen, metode penelitian adalah pre-eksperimental dengan desain penelitian one shot case study. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN Bantal sebanyak 16 siswa yang terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes tertulis dan dokumentasi. Uji validitas soal menggunakan bantuan Microsoft Excel 2019. Uji prasyarat menggunakan uji normalitas dengan uji shapiro wilk dengan bantuan IBM SPSS versi 23. Pengujian hipotesis menggunakan uji t dua sampel dependen (paired-samples test) berbantuan dengan IBM SPSS versi 23. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil pre-test dan post-test yang digunakan untuk mengukur kemampuan literasi dan numerasi dengan pendekatan STEM dengan model pembelajaran PJBL. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji t dua sampel dependen yaitu sig < 0,05 atau 0,000 < 0,05. Disimpulkan jika pendekatan STEM dapat meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa kelas III SDN Bantal, Kecamatan Bancak, Kabupaten Semarang.