Implementasi Teori Behaviorisme Skinner untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPAS Siswa Kelas V

Authors

  • Luh Putu Ritzki Wedanthi Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia
  • Ni Ketut Suarni Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia
  • I Gede Margunayasa Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i2.7270

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan teori behaviorisme Skinner dalam pembelajaran IPAS untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan studi literatur dan observasi langsung di kelas. Penelitain ini membahas tentang penguatan positif yang diterapkan melalui pujian verbal, pemberian hadiah simbolis, dan umpan balik konstruktif, serta dampaknya terhadap peningkatan partisipasi dan pemahaman siswa terhadap materi IPAS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan penguatan positif dapat meningkatkan motivasi siswa, mendorong mereka untuk berpartisipasi lebih aktif dalam pembelajaran, serta memperdalam pemahaman mereka terhadap konsep-konsep yang diajarkan. Secara keseluruhan, strategi ini dapat menciptakan lingkungan belajar yang mendukung, di mana siswa merasa dihargai dan termotivasi untuk belajar lebih baik. Berdasarkan temuan ini, disarankan agar guru lebih konsisten dalam menerapkan penguatan positif untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa, serta memanfaatkan teknologi pembelajaran untuk mendukung proses tersebut.

Published

2025-02-19

How to Cite

Wedanthi, L. P. R. ., Suarni, N. K. ., & Margunayasa, I. G. . (2025). Implementasi Teori Behaviorisme Skinner untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPAS Siswa Kelas V. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(2), 2392-2396. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i2.7270