Keefektifan Penggunaan Papan Desimal terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Kelas V SDN Mranggen 4 Kabupaten Demak

Authors

  • Erika Salsabella Aurelia Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Yuli Witanto Universitas Negeri Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i12.6838

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) perbedaan motivasi belajar antara yang menggunakan media papan desimal dengan papan angka tempel; 2) efektivitas penggunaan media papan desimal terhadap motivasi belajar; 3) perbedaan hasil belajar antara yang menggunakan media papan desimal dengan papan angka tempel; 4) efektivitas penggunaan media papan desimal terhadap hasil belajar. Penelitian menggunakan metode eksperimen semu. Desain penelitian yang digunakan adalah Posttest-Only Control Group Design. Penelitian dilakukan pada siswa kelas V SDN Mranggen 4 Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak, Jawa Tengah. Sampel penelitian terdiri dari 49 siswa yakni sebanyak 25 di kelas eksperimen dan 24 di kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan kuesioner motivasi belajar dan tes hasil belajar.  Teknik analisis data dengan independent sample t test. Penelitian menunjukkan hasil adanya perbedaan yang signifikan pada motivasi belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan p<0.05 dan media papan desimal terbukti efektif terhadap motivasi belajar. Adanya perbedaan yang signifikan pada hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan p<0.05 dan media papan desimal terbukti efektif terhadap hasil belajar.

Published

2024-12-30

How to Cite

Aurelia, E. S. ., & Witanto, Y. . (2024). Keefektifan Penggunaan Papan Desimal terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Kelas V SDN Mranggen 4 Kabupaten Demak. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(12), 14372-14380. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i12.6838