Analisis Implemantasi Media Pop-Up Book terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i12.6586Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan media pop-up book dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di sekolah dasar. Media pop-up book dikenal sebagai alat bantu pembelajaran yang menarik dan interaktif, diharapkan dapat merangsang motivasi dan keterlibatan siswa dalam proses belajar. Melalui analisis terhadap sepuluh penelitian yang relevan, diperoleh rata-rata peningkatan hasil belajar siswa sebesar 81.30%. Hasil analisis menunjukkan bahwa pengaruh penggunaan media pop-up book bervariasi di antara penelitian-penelitian yang ditinjau, dengan persentase pengaruh berkisar antara 71.36% hingga 81.00%. Meskipun terdapat perbedaan signifikan dalam hasil, rata-rata peningkatan sebesar 81.30% menunjukkan bahwa penggunaan media ini secara umum memberikan dampak positif terhadap hasil belajar siswa. Temuan ini mengindikasikan bahwa pop-up book dapat menjadi alternatif efektif dalam menciptakan lingkungan belajar yang lebih dinamis dan menarik. Penelitian ini menyarankan agar lebih banyak penelitian dilakukan untuk menggali potensi media pembelajaran inovatif lainnya dan mengeksplorasi strategi implementasi yang dapat lebih meningkatkan efektivitas penggunaan media pop-up book di kelas.