Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divsion (STAD) dengan Metode Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Visualizer dan Verbalizer pada Materi SPLDV
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i12.6584Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan aktivitas peserta didik dalam pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) menggunakan metode Mind Mapping, (2) mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran oleh pendidik, (3) mendeskripsikan hasil belajar peserta didik visualizer, (4) mendeskripsikan hasil belajar peserta didik verbalizer, dan (5) menguji perbedaan hasil belajar antara peserta didik visualizer dan verbalizer sebelum dan sesudah pembelajaran. Penelitian deskriptif ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan data diperoleh melalui observasi, tes, dan angket, kemudian dianalisis menggunakan teknik percent correction. Hasil penelitian menunjukkan: (1) aktivitas peserta didik dalam tugas kelompok dan pembuatan mind mapping mencapai kategori sangat baik (81,05%), (2) pengelolaan pembelajaran oleh pendidik berjalan sangat baik dan kondusif (88,42%), (3) ketuntasan belajar peserta didik visualizer meningkat dari 60% (pre-test) menjadi 100% (post-test), (4) ketuntasan belajar peserta didik verbalizer meningkat dari 14% (pre-test) menjadi 100% (post-test), dan (5) hasil belajar peserta didik visualizer dan verbalizer sebelum pembelajaran tidak berbeda signifikan, tetapi setelah pembelajaran meningkat dengan skor 85–100. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode Mind Mapping efektif meningkatkan hasil belajar dan gaya kognitif peserta didik, terutama untuk materi SPLDV. Pada 29 peserta didik SMP Dr. Soetomo Surabaya, penerapan metode ini terbukti berhasil dengan hasil belajar melebihi KKM.