Pengembangan Materi Ajar Teks Ulasan Berbantuan Doratoon untuk Sekolah Menengah Pertama

Authors

  • Suci Nanda Sari Universitas Riau, Indonesia
  • Elvrin Septyanti Universitas Riau, Indonesia
  • Silvia Permatasari Universitas Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i12.6573

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan materi ajar teks ulasan berbantuan Doratoon untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP), dengan fokus pada prosedur pengembangan, kualitas, dan kepraktisannya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari lima fase: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII MTs Tahfidz Cendikia, yang berjumlah 32 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, angket, dan studi pustaka, serta dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan korelasi Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas materi ajar yang dikembangkan mendapatkan penilaian sangat baik dari ahli materi dan media, sementara kepraktisan materi ajar berdasarkan uji coba terbatas juga memperoleh penilaian sangat baik dari siswa. Dengan demikian, materi ajar teks ulasan berbantuan Doratoon ini layak dan potensial untuk digunakan dalam pembelajaran teks ulasan di SMP. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan materi ajar berbasis teknologi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di tingkat sekolah menengah.

Published

2024-12-27

How to Cite

Sari, S. N. ., Septyanti, E. ., & Permatasari, S. . (2024). Pengembangan Materi Ajar Teks Ulasan Berbantuan Doratoon untuk Sekolah Menengah Pertama. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(12), 14363-14371. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i12.6573