Eksplorasi Etnomatematika pada Candi Jawi di Desa Candiwates Pasuruan sebagai Lembar kerja Peserta Didik Matematika SD

Authors

  • Nurul Azizah Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Sri Haryani Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Harianingsih Harianingsih Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Decky Avrilianda Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Bambang Subali Universitas Negeri Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i12.6571

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi konsep etnomatematika pada Candi Jawi di Desa Candiwates, Pasuruan, sebagai dasar pengembangan lembar kerja peserta didik matematika tingkat sekolah dasar (SD). Etnomatematika menghubungkan matematika dengan budaya, memungkinkan siswa memahami konsep abstrak matematika melalui objek sosial budaya. Candi Jawi, peninggalan Kerajaan Singosari, menyimpan unsur matematika dalam struktur bangunannya, seperti bangun datar, bangun ruang, kesebangunan, kekongruenan, dan transformasi geometri. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan etnografi. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara melibatkan juru pemelihara candi, panitia Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB), dan tukang rekonstruksi. Hasil validasi menunjukkan semua instrumen penelitian valid (V > 0,5). Analisis data mengidentifikasi unsur matematika yang relevan untuk siswa SD, yaitu bentuk geometris dari bangun datar seperti persegi panjang, segitiga, segilima, dan trapesium, serta bangun ruang seperti limas segiempat dan balok. Selain itu, penelitian menghasilkan lembar kerja peserta didik dengan fokus pada materi volume bangun ruang. Lembar kerja ini divalidasi oleh ahli dengan hasil validitas tinggi (V > 0,5), sehingga layak digunakan dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam mengintegrasikan nilai budaya ke dalam pendidikan matematika, menjadikan pembelajaran lebih kontekstual dan menarik bagi siswa.

Published

2024-12-08

How to Cite

Azizah, N. ., Haryani, S. ., Harianingsih, H., Avrilianda, D. ., & Subali, B. . (2024). Eksplorasi Etnomatematika pada Candi Jawi di Desa Candiwates Pasuruan sebagai Lembar kerja Peserta Didik Matematika SD. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(12), 14183-14188. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i12.6571