Perbedaan Model Pembelajaran CTL dan CIRC terhadap Keterampilan Menulis Puisi pada Peserta Didik Kelas IV SDN Sidorejo Lor 03 Salatiga
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i12.6569Abstract
Penelitian yang dilakukan bertujuan mengetahui perbedaan model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) dan CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) terhadap keterampilan menulis puisi pada peserta didik kelas IV di SDN Sidorejo Lor 03 Salatiga. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Quasi Eksperimental dengan desain Nonequivalent Control Group Desaign. Variabel X atau variabel bebas pada penelitian ini adalah model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) (X1) dan CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) (X2) sedangkan variabel Yadalah Keterampilan Menulis Puisi. Populasi pada penelitian ini seluruh peserta didik kelas IV SDN Sidorejo Lor 03 Salatiga dengan subjek penelitian sebanyak 40 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa teknik tes menulis puisi. Hasil penelitian berdasarkan uji-T pada kelompok eksperimen 1 dan kelompok eksperimen 2 menunjukan bahwa nilai Asymp. Sig (2- tailed) sebesar 0,001 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima, artinya ada perbedaan keterampilan menulis puisi yang signifikan dalam penerapan pembelajaran model CTL dan CIRC kelas IV SDN Sidorejo Lor 03 Salatiga.