Pengembangan Video Edukasi Berbasis Model Pembelajaran Guided Inquiry untuk Ketrampilan Sains Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i12.6559Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mengembangkan video edukasi berbasis model pembelajaran guided inquiry untuk keterampilan sains anak usia dini (2) mendeskripsikan keefektifan video edukasi berbasis inquiry untuk keterampilan sains anak usia dini. Subjek penelitian ini adalah 35 anak berusia 4-5 tahun dari KB Gemilang Bengkulu. Meskipun yang menjadi fokus penelitian ini adalah video edukasi berbasis inquiry untuk keterampilan sains anak. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan “research and development”. Tujuan penelitian dan pengembangan adalah untuk menemukan, mengembangkan dan memvalidasi produk, sehingga penelitian dapat berkelanjutan. Penelitian dan pengembangan merupakan proses menghasilkan produk baru dan menguji efektivitas produk tersebut. Berdasarkan analisis yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh hasil sebagai berikut: (1) Video edukasi berbasis model pembelajaran guided inquiry dianggap sebagai platform kongkrit dan menarik perhatian anak untuk meningkatkan keterampilan sains anak. (2) Model pembelajaran video edukasi berbasis model pembelajaran guided inquiry dikembangkan sebagai jenis media yang baik sebagai alat bantu pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan sains anak KB Gemilang. Peningkatan ketrampilan sains signifikan berdasarkan hasil uji t dengan taraf signifikansi 0,00 kurang dari 5%. Penggunaan video edukasi dalam model pembelajaran guided inquiry dapat meningkatkan keterampilan sains anak. Setelah menggunakan video edukasi model pembelajaran guided inquiry, keterampilan sains anak lebih tinggi dibandingkan sebelum menggunakan videoedukasi model pembelajaran guided inquiry.