Pengembangan Kurikulum PAI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Mengacu pada KKNI dan SN-DIKTI

Authors

  • Siti Khalimah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
  • Dwi Ratnasari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
  • Anita Intan Rohmatus Zahroh UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i12.6535

Abstract

Artikel ini membahas tentang pengembangan kurikulum di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang mengacu pada KKNI dan SN-DIKTI. Hal tersebut dapat dilihat dari mata kuliah yang ditentukan oleh UIN Sunan Kalijaga mencerminkan keragaman pendekatan teori, strategi pengembangan, dan fokus yang diterapkan. Penyusunan mata kuliah dapat membantu mengambil kebijakan dan pihak terkait dalam meningkatkan kualitas pendidikan Islam, menyesuaikan kurikulum sesuai dan mengikuti perkembangan yang ada, serta memastikan bahwa kurikulum yang disusun sesuai dengan tujuan dan kebutuhan masing-masing institusi. Artikel ini menggunakan metode Library Research dengan mengkaji beberapa sumber data dari buku-buku dan jurnal-jurnal ilmiah yang berkaitan dengan perkembangan kurikulum. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kurikulum PAI UIN Sunan Kalijaga, berdasarkan mata kuliah yang ada tidak banyak memunculkan mata kuliah kependidikan atau keguruan yang dikaitkan langsung dengan mata pelajaran-mata pelajaran rumpun Pendidikan Agama Islam yang nantinya akan diajarkan di sekolah ataupun madrasah. Oleh karena itu, perlu beberapa matakuliah tambahan yang mengkaji materi pembelajaran untuk mempersiapkan kemampuannya baik dari segi kompetensi profesional dan kompetensi pedagogik sesuai dengan kurikulum berbasis OBE (Outcome Based Education). Selain itu, kiranya Prodi PAI perlu juga memasukan mata kuliah statistika sebagai mata kuliah pendukung metodologi penelitian dalam pengolahan data penelitian.

Published

2024-12-08

How to Cite

Khalimah, S. ., Ratnasari, D. ., & Zahroh, A. I. R. . (2024). Pengembangan Kurikulum PAI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Mengacu pada KKNI dan SN-DIKTI. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(12), 14198-14210. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i12.6535