Peran Pendidikan Politik dalam Menghadapi Dinamika Demokrasi Indonesia Pasca Pemilu 2024 Bagi Masyarakat Desa Bohar Sidoarjo

Authors

  • Suyono Suyono Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia
  • Bernadetta Budi Lestari Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia
  • Nehru Firdaus Ardhana Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia
  • Cristo Rei Romanza Mollo Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i12.6498

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi peran pendidikan politik dalam menghadapi dinamika demokrasi Indonesia pasca Pemilu 2024 di Desa Bohar Sidoarjo. Fokus penelitian ini memahami bagaimana pendidikan politik menjadi alat untuk mengatasi tantangan polarisasi sosial-politik, memperkuat partisipasi warga, mendukung pembangunan demokrasi lokal. Pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus, data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Analisis dilakukan menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil menunjukkan bahwa pendidikan politik berperan dalam meningkatkan kesadaran warga terhadap hak dan tanggung jawab politiknya. Walau Pemilu 2024 memicu polarisasi tingkat komunitas, pendidikan politik berhasil memfasilitasi dialog inklusif dan meredakan ketegangan antar warga. Partisipasi politik warga Desa Bohar mengalami peningkatan melalui diskusi komunitas dan platform digital, memperkuat keterlibatannya dalam proses demokrasi. Selain itu, pendidikan politik juga mendorong pemanfaatan dana desa yang transparan dan partisipatif, mendukung pembangunan berkelanjutan yang inklusif. Penelitian merekomendasikan akan peningkatan akses program pendidikan politik berbasis komunitas, optimalisasi teknologi sebagai media pembelajaran politik, dan penguatan kolaborasi pemerintah dan masyarakat. Upaya yang diharapkan mendukung stabilitas sosial, meningkatkan partisipasi politik, dan membangun demokrasi di tingkat lokal.

Published

2024-12-08

How to Cite

Suyono, S., Lestari, B. B. ., Ardhana, N. F. ., & Mollo, C. R. R. . (2024). Peran Pendidikan Politik dalam Menghadapi Dinamika Demokrasi Indonesia Pasca Pemilu 2024 Bagi Masyarakat Desa Bohar Sidoarjo. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(12), 14211-14218. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i12.6498