Pengaruh Pembelajaran Berbasis Projek dengan Buku Aktifitas Interaktif terhadap Kemampuan Literasi dan Numerasi
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i12.6495Abstract
Pada penelitian bank Dunia di tahun 2019 menyebutkan anak Indonesia mengalami Learning Proverty yakni mengalami ketidakmampuan belajar dengan ciri di usia 10 tahun anak mampu membaca namun tidak memahami bacaan. Metode pembelajaran berbasis projek dengan buku aktifitas interaktif dirancang untuk mengembangkan kemampuan literasi dan numerasi siswa yang mendukung pengalaman belajar nyata yang menyenangkan agar proses berfikir kritis anak terstimulasi. Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif yang dikombinasikan dengan strategi deskriptif untuk melihat berapa persen pengaruh buku aktifitas interaktif terhadap kemampuan literasi dan numerasi. Adapun tahapannya dengan melakukan penelitian kemampuan literasi dan numerasi terhadap anak usia 5-6 tahun yang mendapatkan stimulasi dengan metode pembelajaran berbasis projek menggunakan buku aktfitas interaktif karya Irma Yuliantina. Dari hasil penelitian menunjukkan metode pembelajaran berbasis projek dengan buku aktifitas interaktif memiliki pengaruh terhadap literasi dan numerasi. Dan dari angka R Square didapati bahwa Numerasi lebih memiliki pengaruh sebesar 32,4% sedangkan literasi sebesar 25%. Dan sisanya sebesar 42,6% kemungkinan dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak terdapat dalam model penelitian ini.