Pengembangan Modul Ajar Berbasis Alam untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik di PAUD Cendana Pantai Labu Deli Serdang

Authors

  • Patimah Patimah Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia
  • Ajat Ajat Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i12.6469

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul ajar berbasis alam guna meningkatkan kemampuan literasi numerasi anak usia dini di PAUD Cendana Pantai Labu Deli Serdang. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate). Tahap analisis dilakukan untuk mengidentifikasi kebutuhan pembelajaran, karakteristik peserta didik, serta potensi lingkungan alam sekitar yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar. Tahap desain dan pengembangan modul mencakup perancangan materi ajar, pemilihan media, serta validasi oleh ahli perencanaan, ahli materi, ahli media dan ahli literasi numerasi. Hasil validasi menunjukkan bahwa modul ajar berbasis alam ini layak digunakan dengan skor validitas mencapai 88% dari ahli perencanaan pembelajaran dan 78% dari ahli materi. Uji coba lapangan yang dilakukan terhadap guru di PAUD Cendana menunjukkan respons positif dengan skor respons sebesar 95%, yang mengindikasikan bahwa modul ini efektif dan sesuai untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Modul ini berhasil meningkatkan keterlibatan anak dalam belajar, serta membantu mereka memahami konsep literasi numerasi melalui pendekatan yang kontekstual dan interaktif. Dengan demikian, modul ajar berbasis alam ini diharapkan dapat menjadi sumber pembelajaran yang efektif dan inovatif, serta dapat diterapkan secara lebih luas di berbagai PAUD untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini di Indonesia.

Published

2024-12-04

How to Cite

Patimah, P., & Ajat, A. (2024). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Alam untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik di PAUD Cendana Pantai Labu Deli Serdang. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(12), 13953-13960. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i12.6469