Pengaruh Pengasuhan Permisif dan Otoriter terhadap Siswa Pelaku Bullying di Sekolah X Kota Sorong

Authors

  • Fika Suci Ariska Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong, Indonesia
  • Adinda Shofia Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong, Indonesia
  • Nengsih Sri Wahyuni Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i12.6450

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengasuhan otoriter terhadap pelaku bullying di sekolah X kota Sorong, pengaruh pengasuhan permisif terhadap pelaku bullying di sekolah X kota Sorong, pengaruh pengasuhan otoriter dan permisif terhadap siswa perilaku bullying di sekolah X kota Sorong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah 100 responden di sekolah X kota Sorong. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik random sampling  dengan teknik analisis 2 prediktor yaitu analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini yaitu uji t yaitu nilai sig Otoriter berjumlah 0,001 yang artinya berpengaruh terhadap variabel Y dependen yaitu Bullying, sedangkan nilai sig Permisif berjumlah 0,822 yang artinya tidak berpengaruh terhadap variabel Y dependen yaitu Bullying dan hasil uji F diperoleh nilai sebesar 8,56 dan nilai signifikan sebesar 0,00 yang dimana lebih kecil dari 0,05, maka variabel independen yang meliputi pengasuhan Otoriter dan Permisif berpengaruh secara simultan terhadap variabel dependen Bullying.

Published

2024-12-04

How to Cite

Ariska, F. S. ., Shofia, A. ., & Wahyuni, N. S. . (2024). Pengaruh Pengasuhan Permisif dan Otoriter terhadap Siswa Pelaku Bullying di Sekolah X Kota Sorong. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(12), 13858-13864. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i12.6450