Pengaruh Pengasuhan Permisif dan Otoriter terhadap Siswa Pelaku Bullying di Sekolah X Kota Sorong
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i12.6450Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengasuhan otoriter terhadap pelaku bullying di sekolah X kota Sorong, pengaruh pengasuhan permisif terhadap pelaku bullying di sekolah X kota Sorong, pengaruh pengasuhan otoriter dan permisif terhadap siswa perilaku bullying di sekolah X kota Sorong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah 100 responden di sekolah X kota Sorong. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik random sampling dengan teknik analisis 2 prediktor yaitu analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini yaitu uji t yaitu nilai sig Otoriter berjumlah 0,001 yang artinya berpengaruh terhadap variabel Y dependen yaitu Bullying, sedangkan nilai sig Permisif berjumlah 0,822 yang artinya tidak berpengaruh terhadap variabel Y dependen yaitu Bullying dan hasil uji F diperoleh nilai sebesar 8,56 dan nilai signifikan sebesar 0,00 yang dimana lebih kecil dari 0,05, maka variabel independen yang meliputi pengasuhan Otoriter dan Permisif berpengaruh secara simultan terhadap variabel dependen Bullying.