Strategi Peningkatan Kinerja Dosen dalam Mewujudkan Perguruan Tinggi Berakreditasi Unggul

Authors

  • Yeni Handayani Universitas Indraprasta PGRI, Indonesia
  • Nandang Hidayat Universitas Pakuan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i12.6426

Abstract

Artikel ini membahas strategi peningkatan kinerja dosen dalam mewujudkan perguruan tinggi berakreditasi unggul. Perguruan tinggi yang berkualitas membutuhkan dosen dengan kinerja optimal untuk memenuhi tuntutan tridarma perguruan tinggi: pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan menganalisis berbagai sumber terkait peningkatan kompetensi dosen, evaluasi kinerja, dan dukungan kelembagaan. Temuan utama menunjukkan bahwa strategi seperti peningkatan kualifikasi melalui pendidikan lanjut, pelatihan berkelanjutan, serta sistem reward dan insentif dapat meningkatkan motivasi dan produktivitas dosen. Selain itu, kolaborasi antar dosen dan pemanfaatan teknologi informasi juga berperan penting dalam menciptakan proses pembelajaran yang lebih interaktif dan dinamis. Dukungan dari manajemen perguruan tinggi yang responsif menjadi faktor kunci dalam menciptakan lingkungan kerja yang kondusif bagi pengembangan dosen. Implementasi strategi ini diharapkan dapat membantu perguruan tinggi mencapai akreditasi unggul dan memperkuat daya saing di tingkat nasional maupun internasional.

Published

2024-12-04

How to Cite

Handayani, Y. ., & Hidayat, N. . (2024). Strategi Peningkatan Kinerja Dosen dalam Mewujudkan Perguruan Tinggi Berakreditasi Unggul. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(12), 14003-14008. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i12.6426