Pendekatan Pembelajaran Terpadu dalam Pendidikan Agama Islam: Studi Kasus di Sekolah Dasar

Authors

  • Maylia Khairunnisa Baher Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia
  • Agus Pahrudin Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia
  • Agus Jatmiko Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia
  • Koderi Koderi Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i12.6423

Abstract

Pendekatan Pembelajaran Terpadu dalam Pendidikan Agama Islam: Studi Kasus di Sekolah Dasar

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan pendekatan pembelajaran terpadu dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah dasar serta dampaknya terhadap pemahaman dan sikap keagamaan siswa. Pendekatan pembelajaran terpadu dipilih sebagai alternatif untuk menciptakan proses belajar yang lebih holistik, di mana berbagai mata pelajaran dikaitkan untuk membangun pemahaman yang lebih mendalam dan relevan bagi siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dengan guru PAI, dan analisis dokumen terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran terpadu dalam PAI berhasil meningkatkan minat belajar siswa, memudahkan mereka memahami konsep agama yang abstrak, serta membentuk sikap keagamaan yang lebih positif. Beberapa model pembelajaran terpadu yang diimplementasikan antara lain integrasi tematik dan proyek kolaboratif yang melibatkan tema keagamaan dalam aktivitas sehari-hari siswa. Namun, penelitian ini juga menemukan beberapa kendala, seperti keterbatasan waktu dan kebutuhan akan pelatihan guru dalam menerapkan pembelajaran terpadu secara efektif. Temuan ini memberikan implikasi praktis bagi pendidik dalam merancang pembelajaran agama Islam yang lebih interaktif dan terintegrasi, serta memberikan kontribusi bagi pengembangan teori pembelajaran terpadu dalam konteks pendidikan agama. Penelitian ini merekomendasikan perlunya studi lanjutan untuk memperdalam kajian tentang efektivitas pendekatan terpadu pada berbagai jenjang pendidikan dan konteks budaya.

Published

2024-12-04

How to Cite

Baher, M. K. ., Pahrudin, A. ., Jatmiko, A. ., & Koderi, K. (2024). Pendekatan Pembelajaran Terpadu dalam Pendidikan Agama Islam: Studi Kasus di Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(12), 13893-13900. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i12.6423