Pengaruh Model Learning Cycle 7E terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa: Systematic Literature Review

Authors

  • Ainurrahmi Ainurrahmi Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Fajar Arianto Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Citra Fitri Kholidya Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i12.6422

Abstract

Pengaruh Model Learning Cycle 7E terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa: Systematic Literature Review

Di era globalisasi dan teknologi yang semakin berkembang pesat saat ini, kemampuan berpikir kritis menjadi salah satu kemampuan utama yang perlu dimiliki oleh setiap individu sesuai tuntutan abad-21. Kemampuan berpikir kritis sangat perlu untu diperhatikan dalam pendidikan, sulit untuk memilih model pembelajaran yang terbaik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Beberapa model pembelajaran untuk memperkuat kemampuan berpikir kritis telah dikembangkan dan diterapkan, salah satunya adalah model learning cycle 7e. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapat model learning cycle 7e terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SRL) dengan menggunakan PRISMA yang dilakukan dengan cara mengidentifikasi, mengevaluasi, dan mensintesis artikel yang telah didapatkan sebelumnnya. Sehingga didapatkan, bahwa model learning cycle 7e memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.

Published

2024-12-06

How to Cite

Ainurrahmi, A., Arianto, F. ., & Kholidya, C. F. . (2024). Pengaruh Model Learning Cycle 7E terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa: Systematic Literature Review. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(12), 14009-14014. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i12.6422