Validitas Pengembangan Media Multimodal untuk Pembelajaran Puisi dalam Era Digital di Sekolah Menengah Pertama
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i12.6412Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan validitas media pembelajaran multimodal dalam pengajaran puisi di era digital untuk siswa Sekolah Menengah Pertama. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan pendekatan model ADDIE. Validitas media dievaluasi berdasarkan empat aspek, yaitu materi, bahasa, media, dan soal. Setelah pengembangan, media multimodal yang dirancang untuk pembelajaran puisi tersebut divalidasi oleh tiga ahli dan satu praktisi di bidang materi, media, bahasa, dan soal, dengan menggunakan instrumen lembar validasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa media multimodal untuk pembelajaran puisi dalam era digital di Sekolah Menengah Pertama ini memiliki tingkat validitas yang sangat tinggi, dengan skor rata-rata validasi sebesar 90%, yang tergolong dalam kategori penilaian yang sangat valid.