Analisis Potensi Usaha Oleh-Oleh di Kota Dumai

Authors

  • Dewi Darmayanti Universitas Riau, Indonesia
  • Caska Caska Universitas Riau, Indonesia
  • Gani Haryana Universitas Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i12.6411

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui potensi usaha oleh-oleh di Kota Dumai. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksploratif. Populasi dan sampel dalam penelitian adalah 10 pemilik usaha oleh-oleh makanan khas Kota Dumai. Teknik pengambilan sampel dengan metode sampling jenuh yaitu semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan dokumentasi kemudian dianalisis menggunakan analisis SWOT. Berdasarkan hasil penelitian, usaha oleh-oleh berada pada kuadran 1 yang berarti startegi Strengths-Opportunities (SO), pada kondisi tersebut usaha oleh-oleh di Kota Dumai memiliki potensi yang sangat bagus untuk dapat dikembangkan. Usaha oleh-oleh memiliki peluang dan kekuatan sehingga dapat memaksimalkan kekuatan dan memanfaatkan peluang yang ada, hal ini didukung dengan produk oleh-oleh yang berkualitas, banyaknya variasi produk oleh-oleh, seperti varian rasa yang bervariasi dan kemasan yang menarik, terdapat pembinaan dari pemerintah seperti kegiatan seminar kewirausahaan, harga produk sesuai dengan kualitas produk, hasil penjualan yang meningkat, lokasi usaha yang strategis, dan memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen.

Published

2024-12-01

How to Cite

Darmayanti, D. ., Caska, C., & Haryana, G. . (2024). Analisis Potensi Usaha Oleh-Oleh di Kota Dumai. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(12), 13570-13577. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i12.6411