Pengaruh Motivasi dan Atraksi Wisata Minat Khusus terhadap Keputusan Berkunjung di Event Jejepangan
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i12.6403Abstract
Skripsi ini membahas pariwisata minat khusus, yang didorong oleh hobi dan minat spesifik wisatawan, dengan fokus pada event jejepangan di Indonesia, Surabaya. Event jejepangan, yang mencakup anime, manga, dan fashion, menarik perhatian anak muda dan menjadi latar belakang berkunjung di event jejepangan. Berbagai atraksi menarik di dalamnya yang dapat diikuti oleh wisatawan, seperti cosplay competition dan coswalk. Event ini juga menawarkan booth merchandise dengan produk unik dari komunitas dan kreator, serta penampilan panggung oleh idol cosplay dan performer. Tujuan penelitian ini untuk meneliti adanya pengaruh motivasi dan atraksi wisata minat khusus terhadap Keputusan berkunjung di event jejepangan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif melibatkan 96 sampel yang dihitung berdasarkan rumus Lemeshow. Pengambilan sampel menggunakan Teknik nonprobability sampling dan penentuan sampelnya menggunakan purposive sampling dengan kriteria wisatawan yang pernah berkunjung di event jejepangan. Pengumpulan data mengguakan kuesioner yang disebar melalui google forms dan diukur dengan skala Likert. Proses analisis data menggunakan alat analisis Partial Least Squares (PLS) dengan software SmartPLS 4 untuk menguji validitas, reliabilitas serta hipotesis. Hasil penelitian dengan pengujian data dapat disimpulkan bahwa: (1) Motivasi Wisatawan berpengaruh terhadap Keputusan berkunjung di event jejepangan, (2) atraksi wisata berpengaruh terhadap Keputusan berkunjung di event jejepangan.