Efektivitas Pembelajaran Daring Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama Kecamatan Simpang Hilir Kayong Utara

Authors

  • Ari Dwi Puspita Universitas Tanjungpura, Indonesia
  • Christanto Syam Universitas Tanjungpura, Indonesia
  • Sesilia Seli Universitas Tanjungpura, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i12.6400

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi efektivitas pelaksanaan pembelajaran daring Bahasa Indonesia di SMP Kecamatan Simpang Hilir, serta hambatan yang dihadapi selama pandemi. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik observasi, wawancara, Focus Group Discussion (FGD), dan dokumentasi, melibatkan 14 SMP dengan guru dan siswa sebagai partisipan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterbatasan jaringan internet, mahalnya biaya kuota, keterbatasan perangkat teknologi, serta kompetensi guru dan siswa dalam menggunakan teknologi menjadi hambatan utama. Meskipun guru telah beradaptasi dengan menggunakan WhatsApp sebagai media utama, efektivitas pembelajaran masih terkendala. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan akses internet, subsidi kuota, pelatihan literasi digital bagi guru, siswa, dan orang tua, serta pengembangan metode pembelajaran yang lebih adaptif dan interaktif. Evaluasi berkelanjutan terhadap kurikulum dan dukungan kolaboratif antara sekolah dan komunitas juga diperlukan untuk memperkuat keberlanjutan pembelajaran daring di masa depan.

Published

2024-12-01

How to Cite

Puspita, A. D. ., Syam, C. ., & Seli, S. . (2024). Efektivitas Pembelajaran Daring Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama Kecamatan Simpang Hilir Kayong Utara. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(12), 13642-13655. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i12.6400