Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Kelas XII IPS di SMA Negeri 1 Pangean

Authors

  • Alwiya Eryani Universitas Riau, Indonesia
  • Isjoni Isjoni Universitas Riau, Indonesia
  • Yuliantoro Yuliantoro Universitas Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i12.6397

Abstract

Hasil pengamatan menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada proses pembelajaran Sejarah belum obtimal agar hasil belajar siswa menjadi obtimal model pembelajaran yang sesuai dengan tujuan yaitu model pembelajaran Inquiry Based Learning pada siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Pangean. Penelitian ini menggunakan penelitian Tindakan kelas yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) Sebagai instrument perangkat pembelajaran dan instrument pengumpulan data yaitu lembar observasi guru, siswa dan tes. Dalam mengnalisis data diperoleh dari hasil pengematan dari aktivitas guru dan siswa dengan cara menghitung aktivitas yang dilakukan guru dan siswa. Hasil penggunaan model pembelajaran Inquiry Based Learning mengalami peningkatan setiap siklus, pada siklus  rata-rata 56% nilai siswa dengan jumlah 14 siswa yang tuntas dan siklus II meningkat dengan rata-rata 92% dengan jumlah siswa tuntas 23 orang.

Published

2024-12-01

How to Cite

Eryani, A. ., Isjoni, I., & Yuliantoro, Y. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Kelas XII IPS di SMA Negeri 1 Pangean. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(12), 13624-13628. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i12.6397