Pengembangan Modul Elektronik Menyimak Teks Laporan Hasil Observasi Berbantuan Flip Book Siswa Kelas X SMAN 3 Bukit Batu
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i12.6395Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu modul elektronik dengan berbantuan flip book untuk pembelajaran menyimak teks laporan hasil observasi kelas X SMAN 3 Bukit Batu. Tujuan pembelajaran bisa tercapai dengan baik sehingga membutuhkan inoasi untuk bahan ajar yang dijadikan tujuan agar memudahkan pendidik dan peserta didik dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan peneltian dan pengembangan atau disebut RnD yang diutarakan oleh Sukmadinata. Penelitian ini terdiri dari Analysis (analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Penelitian dilaksanakan di SMAN 3 Bukit Batu dengan sampel penelitian yaitu peserta didik kelas X 1 SMAN 3 Bukit Batu. Penelitian ini diawali dengan tahap analisis kurikulum yang diperoleh menggunakan cara wawancara, selanjutnya analisis kebutuhan peserta didik yang diperoleh dengan penyebaran angket dengan hasil persentase 92,27% dengan kategori sangat butuh. Penelitian ini melibatkan para ahli validator bahasa pembelajaran, media dan materi bahasa Indonesia untuk menilai modul elektronik dari 3 aspek. Berdasarkan hasil validasi ahli bahasa dengan persentase 96%, ahli bahasa memperoleh persentase 78,5%, dan ahli materi memperoleh hasil persentase 100%.