Pengaruh Kualitas Website terhadap Kepuasan Pelanggan E-Commerce Shopee

Authors

  • Fathima Zahra Universitas Riau, Indonesia
  • Henny Indrawati Universitas Riau, Indonesia
  • Mifta Rizka Universitas Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i12.6389

Abstract

Layanan E-commerce sangat populer di kalangan anak muda, termasuk mahasiswa. Bagi mahasiswa, berbelanja online sudah menjadi hal yang lumrah, karena dapat menghemat biaya, waktu, dan tenaga, serta dianggap lebih efisien. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh kualitas website terhadap kepuasan pelanggan E-commerce Shopee pada mahasiswa Jurusan Pendidikan IPS Universitas Riau. Penelitian berfokus pada mahasiswa angkatan 2021 yang sering menggunakan E-commerce Shopee, dengan total 156 responden yang dipilih menggunakan purposive sampling. Kriteria pengambilan sampel adalah mahasiswa yang melakukan setidaknya tiga kali pembelian di Shopee per bulan, untuk memastikan bahwa responden memiliki pengalaman yang cukup dengan platform tersebut. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner, serta analisis data secara deskriptif dan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menemukan kualitas website memiliki dampak positif yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Ketika kualitas website Shopee meningkat, kepuasan pelanggan juga akan meningkat. E-commerce Shopee dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dengan berinvestasi dalam peningkatan kualitas website, seperti meningkatkan kualitas kegunaan (usability), informasi (information), dan layanan interaksi (service interaction). Penelitian ini memiliki implikasi bagi bisnis E-commerce yang ingin meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan.

Published

2024-12-01

How to Cite

Zahra, F. ., Indrawati, H. ., & Rizka, M. . (2024). Pengaruh Kualitas Website terhadap Kepuasan Pelanggan E-Commerce Shopee. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(12), 13497-13502. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i12.6389