Pengaruh Efikasi Diri dan Lingkungan Keluarga terhadap Minat Menjadi Guru pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan IPS Universitas Riau

Authors

  • Annisa Dwi Lestari Universitas Riau, Indonesia
  • Caska Caska Universitas Riau, Indonesia
  • Fenny Trisnawati Universitas Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i12.6385

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh efikasi diri dan lingkungan keluarga terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa jurusan Pendidikan IPS Universitas Riau. Penelitian ini menggunakan pendekatakan kuantitatif dengan menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS 25. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan Pendidikan IPS Universitas Riau dan teknik pengambilam sampel menggunakan simple random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan ke 84 mahasiswa sebagai sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel efikasi diri dan lingkungan keluarga baik secara simultan dan parsial berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat menjadi guru. Dengan demikian dapat diinterpretasikan bahwa semakin tinggi tingkat efikasi diri mahasiswa, maka akan semakin meningkat minat mahasiswa tersebut untuk menjadi guru, begitu pula sebaliknya. Dan semakin tinggi dukungan keluarga untuk mendorong minat menjadi guru maka akan semakin tinggi pula minat mahasiswa untuk menjadi guru.

Published

2024-12-01

How to Cite

Lestari, A. D. ., Caska, C., & Trisnawati, F. . (2024). Pengaruh Efikasi Diri dan Lingkungan Keluarga terhadap Minat Menjadi Guru pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan IPS Universitas Riau. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(12), 13447-13454. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i12.6385