Pengaruh Penggunaan Video Animasi pada Pembelajaran PAI Materi Sholat Fardu terhadap Pemahaman Siswa di SMA Muhammadiyah 2 Palembang

Authors

  • Zulhijra Zulhijra Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia
  • Karimah Almarwaziyah Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia
  • Muhammad Ramadon Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia
  • Salwa Pratiwi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i12.6380

Abstract

Penelitian ini menyelidiki pengaruh penggunaan video animasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada materi Shalat Fardu untuk meningkatkan pemahaman siswa di SMA Muhammadiyah 2 Palembang. Masalah utama yang diidentifikasi adalah rendahnya tingkat pemahaman siswa yang disebabkan oleh metode pengajaran tradisional yang kurang menarik bagi siswa. Di era digital, siswa cenderung lebih tertarik pada media visual interaktif, sehingga video animasi dianggap sebagai solusi yang menjanjikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan variabel independen berupa bahan ajar berbasis video animasi dan variabel dependen berupa pemahaman siswa. Data dikumpulkan melalui observasi dan penilaian pemahaman siswa menggunakan video animasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa video animasi memiliki pengaruh yang signifikan, meskipun dalam tingkat sedang, dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi Shalat Fardu. Temuan ini mengonfirmasi bahwa video animasi merupakan media pembelajaran yang efektif, terutama dalam meningkatkan pemahaman siswa mengenai tata cara dan makna Shalat Fardu.

Published

2024-12-31

How to Cite

Zulhijra, Z., Almarwaziyah, K. ., Ramadon, M. ., & Pratiwi, S. . (2024). Pengaruh Penggunaan Video Animasi pada Pembelajaran PAI Materi Sholat Fardu terhadap Pemahaman Siswa di SMA Muhammadiyah 2 Palembang. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(12), 14381-14386. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i12.6380