Gestur Guru Humanis dan Memesona Berbasis Tri Kaya Parisudha di Sekolah Dasar

Authors

  • I Wayan Sujana Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia
  • Adrianus I Wayan Ilia Yuda Sukmana Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia
  • I Made Suarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i12.6366

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mengajar guru melalui gestur yang humanis dan memesona yang didukung oleh Prinsip Tri Kaya Parisudha, serta untuk memaksimalkan kualitas pengelolaan sekolah dengan membuat website yang mencakup seluruh administrasi data siswa. Gestur guru adalah bentuk komunikasi yang dilakukan oleh guru untuk menyampaikan pesan tanpa menggunakan kata-kata, atau bisa juga disertai dengan ucapan. Gestur ini dapat terlihat dari gerakan tangan atau jari (misalnya acungan jempol), ekspresi wajah (seperti ekspresi serius saat menjelaskan sesuatu), tatapan mata (guru yang menatap siswa dengan hangat), dan gerakan tubuh. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini meliputi sosialisasi, pelatihan, penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi, pendampingan, evaluasi, dan keberlanjutan program. Pelaksanaan kegiatan pengabdian menunjukkan adanya kemajuan. Setelah dilaksanakan kegiatan pengabdian mengenai gestur guru yang humanis dan memesona berbasis Tri Kaya Parisudha serta observasi, terlihat bahwa guru-guru di SD Gugus Kapten Kompyang Sujana telah mulai menerapkan gestur tersebut dalam proses pembelajaran. Dalam hal pengelolaan sekolah, 70% guru telah mampu menggunakan website dan sedang berlatih untuk memanfaatkan fitur-fitur terbaru yang tersedia.

Published

2024-12-02

How to Cite

Sujana, I. W. ., Sukmana, A. I. W. I. Y. ., & Suarjana, I. M. . (2024). Gestur Guru Humanis dan Memesona Berbasis Tri Kaya Parisudha di Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(12), 13765-13769. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i12.6366