Pemanfaatan Limbah Plastik pada Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan dalam Berkreasi untuk Siswa SMKS Kesehatan Yannas Husada
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i12.6365Abstract
Mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan (PKK) di SMKS Kesehatan Yannas Husada mencakup kompetensi membuat desain dan prototipe produk barang/jasa, serta metode perakitan produk. Di sekolah ini, limbah plastik dimanfaatkan dalam pembelajaran PKK untuk menghasilkan karya seni. Penelitian bertujuan mendeskripsikan proses berkreasi dan menganalisis hasil karya siswa dengan memanfaatkan limbah plastik. Menggunakan metode kualitatif, objek penelitian adalah siswa kelas XIA-Farmasi, dan data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil menunjukkan proses berkreasi berbasis project-based learning, dimulai dengan mendesain sketsa. Sebanyak 2 siswa kurang baik dalam menuangkan ide, 4 siswa cukup bagus, dan 6 siswa sangat bagus. Hasil karya akhir menunjukkan 1 siswa mendapat nilai B, sedangkan 11 siswa dinilai kreatif dan mampu membuat produk menarik. Karya siswa terinspirasi dari bentuk visual sehari-hari seperti makanan dan kartun yang populer.