Deskripsi Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) Oleh Siswa Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas

Authors

  • Susanto Susanto Universitas Tanjungpura, Indonesia
  • Ari Kriswinarti Universitas Tanjungpura, Indonesia
  • Yuzi Hana Christiani Universitas Tanjungpura, Indonesia
  • Yohanes Bahari Universitas Tanjungpura, Indonesia
  • Warneri Warneri Universitas Tanjungpura, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i12.6364

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan artificial intelligence oleh siswa khususnya sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian survei. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner yang terdiri dari pertanyaan dengan jawaban tertutup dan terbuka, di mana kuesioner diberikan secara online melalui platform google form. Subjek penelitian terdiri dari 44 orang siswa dengan kategori rentang usia 10-18 tahun. Analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif yang menjelaskan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 100% responden mengetahui tentang artificial intelligence. Kemudian jenis artificial intelligence yang paling banyak digunakan adalah chatGPT dan Gemini dengan persentasi mencapai 61%. Temuan lainnya dalam penelitian ini adalah bahwa dengan adanya artificial intelligence sangat membantu siswa dalam proses pembelajaran mereka terkhusus pada pengerjaan tugas sekolah. Namun dengan hadirnya artificial intelligence juga memberikan dampak positif dan negatif beserta tantangan yang harus dihadapi oleh siswa. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan artificial intelligence di dalam proses pembelajaran harus tetap berada di dalam pengawasan yang tepat agar dampak negatif yang ada dapat diminimalisir.

Published

2024-12-02

How to Cite

Susanto, S., Kriswinarti, A. ., Christiani, Y. H. ., Bahari, Y. ., & Warneri, W. (2024). Deskripsi Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) Oleh Siswa Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(12), 13760-13764. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i12.6364