Konsep Dasar Metakognisi dalam Proses Pembelajaran

Authors

  • Thiara Adzkia Muthmainnah Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • A. Aida Ariya Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Adnan Adnan Universitas Negeri Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i12.6356

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi konsep dan model metakognisi, serta penerapannya dalam pembelajaran di sekolah menengah. Metode yang digunakan adalah penelitian kepustakaan yang mengumpulkan data dari berbagai sumber literatur terkait metakognisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metakognisi terdiri dari dua dimensi utama, yaitu pengetahuan metakognitif dan proses metakognitif, yang saling berhubungan dan mendukung keberhasilan belajar. Pengetahuan metakognitif melibatkan kesadaran tentang proses berpikir dan strategi yang digunakan, sementara proses metakognitif mencakup kemampuan untuk mengatur dan memonitor aktivitas kognitif. Model-model metakognisi seperti yang diusulkan oleh Flavell dan Brown memberikan panduan tentang bagaimana guru dapat mengembangkan keterampilan metakognitif siswa melalui strategi perencanaan, pemantauan, dan evaluasi dalam pembelajaran. Penerapan strategi metakognitif dalam pembelajaran terbukti dapat meningkatkan prestasi akademik siswa dan memfasilitasi pengembangan keterampilan berpikir kritis yang diperlukan di abad ke-21.

Published

2024-12-01

How to Cite

Muthmainnah, T. A. ., Ariya, A. A. ., & Adnan, A. (2024). Konsep Dasar Metakognisi dalam Proses Pembelajaran. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(12), 13549-13556. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i12.6356