Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah terhadap Peningkatan Kualitas Pendidikan SDN Pleburan 01
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i12.6350Abstract
Penelitian ini menganalisis implementasi program supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah di SDN Pleburan 01 dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan. Supervisi yang dilakukan mencakup perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan tindak lanjut terhadap kinerja guru, terutama dalam perencanaan dan proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, studi dokumen, dan wawancara. Hasil supervisi menunjukkan adanya peningkatan profesionalisme guru dalam menyusun rencana pembelajaran dan melaksanakan pembelajaran yang kondusif, efektif, dan berpusat pada siswa. Selain itu, kepala sekolah melaksanakan tindak lanjut supervisi melalui kegiatan pelatihan in-house dan pendampingan berkelanjutan dalam komunitas belajar di sekolah. Implementasi program supervisi ini berkontribusi positif dalam peningkatan mutu pendidikan dan pencapaian visi-misi sekolah. Supervisi oleh kepala sekolah merupakan bagian dari manajemen pendidikan yang mendukung peningkatan kualitas pendidikan melalui pengawasan, pemantauan, dan tindakan perbaikan berkelanjutan.