Pengaruh Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru terhadap Kompetensi Profesional Guru Sekolah Dasar Negeri Gugus Kartini Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i12.6349Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya (1) pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap kualtitas pembelajaran, (2) pengaruh kepemimpinan intruksional kepala sekolah terhadap kualitas pembelajaran, dan (3) pengaruh kompetensi pedagogik guru dan kepemimpinan instruksional kepala sekolah terhadap kualitas pembelajaran. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji prasyarat, uji hipotesis, dan uji regresi dengan menggunakan aplikasi komputer SPSS 22 for windows. Hasil penelitian ini yaitu (1) uji t parsial kompetensi pedagogik guru terhadap kualitas pembelajaran diperoleh nilai t hitung (6,334) > t tabel (1,981) dengan nilai R square sebesar 0,874 (2) uji t parsial kepemimpinan instruksional kepala sekolah terhadap kualitas pembelajaran diperoleh nilai t hitung (4, 052) > t tabel (1,981) dengan nilai R square sebesar 0,849, dan 3) uji F simultan kompetensi pedagogik guru dan kepemimpinan instruksional kepala sekolah terhadap terhadap kualitas pembelajaran diperoleh nilai Fhitung sebesar (217,786) >Ftabel (3,08) dengan nilai R square 0,891. Dari hasil tersebut diperoleh kesimpulan bahwa (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kompetensi pedagogik guru terhadap kualitas pembelajaran. dengan pengaruh yang kuat sebesar 76,4%. (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kepemimpinan instruksional kepala sekolah terhadap kualitas pembelajaran dengan pengaruh yang kuat sebesar 72,1%, dan (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kompetensi pedagogik guru dan kepemimpinan instruksional kepala sekolah terhadap kualitas pembelajaran dengan pengaruh yang kuat sebesar 79,4%.