Pengaruh Manajemen Konflik dan Komunikasi Interpersonal Kepala Sekolah Terhadap Motivasi Kerja Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Bejen Kabupaten Temanggung

Authors

  • Widya Suprayogi Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Nurkolis Nurkolis Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Rosalina Br. Ginting Universitas PGRI Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i12.6348

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh manajemen konflik dan komunikasi interpersonal kepala sekolah terhadap motivasi kerja guru sekolah dasar di Kecamatan Bejen, Kabupaten Temanggung. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi untuk mengukur pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen konflik memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi kerja guru dengan persamaan regresi Y = 94,441 + 0,340X1, korelasi sebesar 0,543, dan kontribusi 29,5%. Selanjutnya, komunikasi interpersonal kepala sekolah juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi kerja guru, dengan persamaan regresi Y= 114,279 + 0,228X2, korelasi sebesar 0,317, dan kontribusi 10,1%. Analisis gabungan menunjukkan bahwa manajemen konflik dan komunikasi interpersonal kepala sekolah secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi kerja guru dengan persamaan regresi Y = 0,848 + 0,308X1 + 0,129X2, korelasi sebesar 0,569, dan kontribusi 32,4%. Kesimpulan ini menunjukkan pentingnya peran manajemen konflik dan komunikasi interpersonal kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi kerja guru.

Published

2024-12-01

How to Cite

Suprayogi, W. ., Nurkolis, N., & Ginting, R. B. . (2024). Pengaruh Manajemen Konflik dan Komunikasi Interpersonal Kepala Sekolah Terhadap Motivasi Kerja Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Bejen Kabupaten Temanggung. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(12), 13382-13392. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i12.6348