Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru dan Kepemimpinan Instruksional Kepala Sekolah terhadap Kualitas Pembelajaran Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Kranggan Kabupaten Temanggung

Authors

  • Hesti Nur Hastuti Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Nurkolis Nurkolis Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Rosalina Br. Ginting Universitas PGRI Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i12.6346

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya (1) pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap kualtitas pembelajaran, (2) pengaruh kepemimpinan intruksional kepala sekolah terhadap kualitas pembelajaran, dan (3) pengaruh kompetensi pedagogik guru dan kepemimpinan instruksional kepala sekolah terhadap kualitas pembelajaran. Populasi dalam penelitian ini adalah guru di 13 SD Negeri di Kecamatan Kranggan Kabupaten Temanggung yang berjumlah 116 orang, sampel diambil dengan mengunakan teknik sampling total sehingga diperoleh sampel penelitian sebanyak 116 orang. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji prasyarat, uji hipotesis, dan uji regresi dengan menggunakan aplikasi komputer SPSS 22 for windows. Hasil penelitian ini yaitu (1) uji t parsial kompetensi pedagogik guru terhadap kualitas pembelajaran diperoleh nilai t hitung (6,334) > t tabel (1,981) dengan nilai R square sebesar 0,874 (2) uji t parsial kepemimpinan instruksional kepala sekolah terhadap kualitas pembelajaran diperoleh nilai t hitung (4, 052) > t tabel (1,981) dengan nilai R square sebesar 0,849, dan 3) uji F simultan kompetensi pedagogik guru dan mendorong peningkatan kualitas pembelajaran.

Published

2024-12-01

How to Cite

Hastuti, H. N. ., Nurkolis, N., & Ginting, R. B. . (2024). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru dan Kepemimpinan Instruksional Kepala Sekolah terhadap Kualitas Pembelajaran Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Kranggan Kabupaten Temanggung. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(12), 13371-13381. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i12.6346