Pengembangan Kartu Domino sebagai Media Pembelajaran Materi Siklus Air
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i12.6340Abstract
Pembelajaran adalah komponen terpenting dari pendidikan. Media adalah bagian dari pembelajaran. Media pembelajaran sangat penting untuk keberhasilan proses belajar mengajar. Pengembangan media pembelajaran adalah salah satu inovasi pembelajaran yang terus dilakukan untuk menjadikan media yang ada menjadi alternatif yang sesuai dengan karakter siswa, mata pelajaran, dan lingkungan sekolah. Pembelajaran akan menjadi lebih menyenangkan jika media permainan digunakan. Salah satu contohnya adalah kartu domino yang dikembangkan dalam penelitian ini, yang fokus pada materi siklus air. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjadikan kartu domino sebagai media pembelajaran yang mencakup materi siklus air terkait validitas, penerapan, dan efektifitasnya. Untuk mencapai tujuan ini, metode pengembangan ADDIE, yang meliputi analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi, digunakan sebagai landasan untuk pembuatan materi pembelajaran saintifik. Selain itu, proses ini memastikan bahwa deskripsi produk akurat, bermanfaat, dan efektif. Lembar media, materi, keterlaksanaan penggunaan, angket reaksi siswa, dan lembar soal posttest adalah semua sumber data yang digunakan untuk mengumpulkan data. Relevansi dan efektivitas hasil penelitian tentang media kartu domino pada materi siklus air. Hasil penilaian ahli media adalah 3,85, yang berada dalam kategori sangat valid; hasil keterlaksanaan menunjukkan persentase keterlaksanaan 96,45 persen, yang berada dalam kategori sangat praktis; dan hasil respon siswa rata-rata positif 98,88 persen, yang berada dalam kategori sangat praktis. Didasarkan pada posttest, penilaiannya hampir sama secara keseluruhan 87,75, dan tuntasnya hampir sama dengan peringkat efektif 90%. Media kartu domino siklus air sangat akurat, bermanfaat, dan efektif.