Trand Pengembangan Media Spinning Wheel pada Rentang 2020-2024

Authors

  • Rini Yusnita Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Tri Joko Raharjo Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Eko Handoyo Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Bambang Subali Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Nuni Widiarti Universitas Negeri Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i12.6339

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan dan menganalisis tren pengembangan media spinning wheel sebagai alat pembelajaran interaktif pada rentang tahun 2020-2024. Media spinning wheel semakin populer di kalangan pendidik karena mampu meningkatkan keterlibatan dan partisipasi siswa dalam proses belajar mengajar. Studi ini menggunakan metode tinjauan literatur dengan mengumpulkan data dari google scholar menggunakan Publish or Perish melalui kata kunci “Pengembangan Media Spinning Wheel periode 2020-2024, jenis publikasi jurnal dengan hasil pencarian 131 artikel yang kemudian diseleksi dan dihasilkan 8 artikel yang masuk dalam fokus dan kriteria penelitian terkait yang membahas inovasi, dan efektivitas media spinning wheel dalam konteks pendidikan. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan dalam penggunaan media ini, terutama di platform digital dan dalam pembelajaran jarak jauh, didorong oleh kebutuhan akan inovasi dalam metode pengajaran selama pandemi COVID-19 dan hingga sekarang masih diminati oleh berbagai praktisi Pendidikan untuk dikembangkan. Beberapa pengembangan yang dominan meliputi integrasi teknologi digital, personalisasi konten, serta peningkatan interaktivitas dan gamifikasi. Temuan ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi para pendidik dan pengembang media pembelajaran dalam menciptakan inovasi lebih lanjut di masa depan.

Published

2024-12-01

How to Cite

Yusnita, R. ., Raharjo, T. J. ., Handoyo, E. ., Subali, B. ., & Widiarti, N. . (2024). Trand Pengembangan Media Spinning Wheel pada Rentang 2020-2024. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(12), 13520-13525. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i12.6339