Penggunaan Alat Peraga Benda Gas dengan Strategi Outdoor Learning Siswa SD Periode 2020-2024

Authors

  • Yanusa Adi Permana UPTD SPF SDN Slerok 7 Kota Tegal, Indonesia
  • Wasino Wasino Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Sarwi Sarwi Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Bambang Subali Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Nuni Widiarti Universitas Negeri Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i12.6331

Abstract

Pembelajaran IPA pada materi benda gas sering menjadi permasalahan karena wujud benda gas yang tidak dapat dilihat atau disentuh, sehingga siswa sering mengalami kesulitan dalam memahaminya. Kondisi ini berpotensi menurunkan motivasi belajar siswa. Salah satu solusi yang dapat diambil adalah dengan menggunakan alat peraga untuk membantu siswa memahami konsep benda gas secara lebih konkret. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji penggunaan alat peraga benda gas yang dikombinasikan dengan strategi pembelajaran outdoor learning guna peningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa SD. Penelitian ini menggunakan metode literature review, di mana berbagai penelitian terdahulu terkait alat peraga dan pembelajaran luar ruangan dianalisis secara mendalam. Hasil kajian menunjukkan bahwa penggunaan alat peraga dalam konteks pembelajaran outdoor learning efektif dalam membantu siswa memahami konsep benda gas secara lebih nyata, serta mampu meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa. Dengan demikian, kombinasi antara alat peraga dan pembelajaran di luar kelas memiliki potensi besar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPAS di sekolah dasar.

Published

2024-12-01

How to Cite

Permana, Y. A., Wasino, W., Sarwi, S., Subali, B. ., & Widiarti, N. . (2024). Penggunaan Alat Peraga Benda Gas dengan Strategi Outdoor Learning Siswa SD Periode 2020-2024. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(12), 13366-13371. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i12.6331