Upaya Manajemen Asrama Al-Fjar dalam Menunjang Keberhasilan Peserta Didik pada Masa Pandemi Covid-19 di Ma’had Al-Zaytun
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i12.6325Abstract
Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui upaya Manajemen Asrama Al- Fajr dalam menunjang keberhasilan peserta didik pada masa pandemi Covid-19 di Ma’had Al-Zaytun. Serta mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat Manajemen Asrama Al-Fajr dalam menunjang keberhasilan peserta didik pada masa pandemi Covid-19 di Ma’had Al-Zaytun. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Datadiperoleh dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian (1) Upaya Manajemen Asrama Al-Fajr Ma’had Al-Zaytun dalam menunjang keberhasilan peserta didik di tengah pandemi Covid-19 adalah mentaati arahan YAB Syaykh Al-Zaytun dalam protokol kesehatan di dalam kampus yakni jumlah penghuni ditempatkan 5-7 santri setiap kamar, wajib menggunakan masker, tidak berjabat tangan namun menggunakan salam merdeka setiap bertemu civitas akademika atau non akademika, dan kegiatan ibadah berjamaah tetap terlaksana dengan shaf berjarak. Selain itu dengan membuat program kebugaran tubuh secara terjadwal dan pembatasan waktu aktivitas serta mengadakan vaksin untuk 720 santri di asrama Al- Fajr. (2) Faktor pendukung yang menjadi penunjang keberhasilan manajemen asrama Al-Fajr adalah motto Al-Zaytun sebagai pusat pendidikan pengembangan budaya toleransi dan perdamaian menuju masyarakat sehat, cerdas, dan manusiawi. Sehingga dengan adanya motto ini seluruh kegiatan penghuni asrama Al-Fajr tidak keluar daripada motto tersebut. Adapun penghambat Manajemen Asrama Al-Fajr Ma’had Al- Zaytun dalam menunjang keberhasilan peserta didik ditengah pandemi Covid-19 hanyalah berupa adaptasi para santri untuk membiasakan terhadap pembatasan- pembatasan di awal pembelajaran agar sesuai dengan protokol kesehatan.